Author Guidelines

A. Pedoman Umum

  1. Jurnal memuat artikel-artikel ilmiah dari hasil penelitian pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
  2. Artikel ilmiah yang dimuat pada jurnal berasal dari hasil penelitian.
  3. Artikel ilmiah yang dimuat pada jurnal belum pernah dipublikasi baik pada jurnal lain maupun prosiding.
  4. Isi artikel ilmiah ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar seperti penulisan kalimat, alenia, dan tanda baca.
  5. Abtsrak dan kata kunci ditulis dalam bahasa Inggris sedangkan isi dari artikel ditulis dalam bahasa Indonesia.
  6. Isi artikel ilmiah ditulis menggunakan font times new romans, ukuran font 11, dan satu spasi.
  7. Format artikel ilmiah sudah disediakan, penulis menulis artikel sesuai dengan template yang tersedia dan tidak dibenarkan mengubah ukuran dari template.
  8. Semua teks, gambar, dan tabel dalam artikel masuk ke dalam kolom yang tersedia.
  9. Judul tabel ditulis di atas tabel sedangkan judul gambar ditulis di bawah gambar. Setiap awal kata pada tabel dan gambar ditulis dengan huruf besar kecuali kata sambung
  10. Panjang naskah dari setiap artikel ilmiah tepat 8 (delapan) halaman.

B. Struktur Artikel Ilmiah

Komponen artikel ilmiah hasil penelitian terdiri dari: judul, penulis, abstrak dan kata kunci, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka. Paparan isi artikel hasil penelitian dapat dikelompokkan kedalam pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan.

  1. Judul artikel bersifat informatif yang mencerminkan isi artikel secara konseptual dan memuat variabel atau konsep yang dicakup dalam artikel.
  2. Penulis memuat nama penulis tanpa diserta gelar akademik, nama lembaga asal penulis, dan alamat untuk korespondensi seperti e-mail penulis.
  3. Abstrak dan Kata Kunci, abstrak ditulis ringkas dan padat dalam satu alenia tentang ide-ide yang paling penting, abstrak ditulis dalam bahasa Inggris, abstrak memuat pentingnya penelitian, tujuan penelitian metode penelitian dan hasil penelitian, kata kunci memuat kata-kata konseptual, dan jumlah kata kunci adalah 3 sampai 5 kata dalam bahasa Inggris.
  4. Pendahuluan memuat latar belakang atau rasional penelitian, landasan teori, wawasan rencana pemecahan masalah, perumusan tujuan penelitian.
  5. Metode penelitian ditulis secara ringkas dalam bentuk alenia-alenia yang memuat jenis penelitian, desain penelitian, populasi dan sampel atau objek penelitian, instrumen pengumpul data dan teknik analisis data. Isi dari metode penelitian disesuaikan dengan metode penelitian.
  6. Hasil dan pembahasan. Hasil penelitian merupakan bagian utama dari artikel ilmiah, hasil bersih tanpa proses analisis data, hasil pengujian hipotesis, dan dapat disajikan dalam bentuk tabel atau grafik untuk memperjelas penyajian hasil secara verbal. Pembahasan merupakan bagian terpenting dari keseluruhan isi artikel ilmiah. Pembahasan berisi argumen bagaimana tujuan penelitian dapat dicapai, pemaknaan atau penafsiran hasil analisis data, integrasi hasil-hasil penelitian ke dalam kumpulan pengetahuan yang telah mapan, dan teori baru yang dihasilkan atau modifikasi teori yang ada.
  7. Kesimpulan memuat jawaban atas pertanyaan penelitian dalam bentuk substantif, ditulis dalam bentuk essai, dan memuat hubungan antara variabel yang mengarah pada pengembangan teoritis atau modifikasi teori.
  8. Daftar pustaka hanya memuat pustaka yang dipakai dalam penyusunan artikel ilmiah saja. Setiap daftar pustaka terdiri dari pengarang, tahun, judul, dan keterangan.  

Cara Menulis Daftar Pustaka

Secara umum pengutipan dalam artikel JEP berpedoman pada Open Mendeley dengan style American Psychological Association 6 th edition. Namun dengan beragamnya cara pengutipan pada berbagai artikel pada jurnal maka perlu dilakukan penyesuaian untuk menjaga konsistensi dari penulisan daftar pustaka. Cara penulisan daftar pustaka dapat diperhatikan pada contoh yang diberikan.  

Contoh Daftar Pustaka

 

Untuk panduan penulisan dan template Jurnal Eksakta pendidikan dapat di download disini