Journal Description

Deskripsi Jurnal

JEP merupakan suatu jurnal yang mempublikasi artikel-artikel ilmiah dalam bidang pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang dikenal dengan MIPA. Fokus dari artikel yang dipublikasi pada jurnal ini berasal dari cabang-cabang pendidikan MIPA mencakup: Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan IPA. Tujuan dari JEP adalah untuk memfasilitasi peneliti-peneliti dalam mempublikasikan artikel ilmiah dalam cabang-cabang pendidikan MIPA.

Tulisan artikel ilmiah pada kelima cabang dari pendidikan MIPA mencakup sembilan bidang pendidikan. Pertama, kurikulum pendidikan MIPA memuat semua semua aspek-aspek yang berhubungan dengan pengembangan dan penerapan kurikulum. Kedua, manajemen dan kebijakan yang berlaku dalam pendidikan MIPA. Ketiga, hasil-hasil penerapan dan pengembangan pembelajaran MIPA untuk meningkatkan kinerja akademik. Keempat, perangkat pembelajaran yang digunakan untuk mendukung penerapan pembelajaran MIPA. Kelima, bahan ajar untuk mendukung proses pembelajaran MIPA baik berupa cetak maupun elektronik. Keenam, media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran MIPA berupa visual, audio, audiovisual, TIK, dan sebagainya. Ketujuh, pemanfaatan dan pengembangan software-software aplikasi untuk pembelajaran MIPA. Kedelapan, hasil-hasil penelitian tentang evaluasi pembelajaran MIPA. Terakhir, topik-topik lain yang relevan dengan pendidikan MIPA.

JEP telah menerapkan sistem jurnal online yang dikenal dengan OJS. OJS merupakan suatu pengelolaan jurnal dan sistem publikasi yang telah dikembangkan oleh proyek pengetahuan publik untuk mengembangkan dan meningkatkan akses pada penelitian secara online. Pada saat ini, JEP menerapkan OJS versi 3.0 yang dapat mendukung kegiatan pengelolaan dan publikasi jurnal ilmiah elektronik. Penerapan OJS versi 3.0 pada JEP memiliki keunggulan, yaitu: yaitu antarmuka pengguna yang sudah disempurnakan; sistem navigasi, keahlian dalam tema, alur kerja pada OJS versi 3 sangat dinamis dan mudah disesuaikan; memiliki peran pengguna yang lebih fleksibel dan sistem manajemen tugas. Sistem ini dapat mendukung dan memberi kemudahan dalam kegiatan pengelolaan dan publikasi jurnal ilmiah secara online.

JEP menerbitkan artikel ilmiah dalam pendidikan MIPA dengan periode dua kali dalam setahun, yaitu bulan Mei dan bulan November. Pada JEP telah tersedia panduan penulisan artikel ilmiah dan template dari artikel. Penulis dapat mempelajajari panduan penulisan artikel ilmiah dan menuliskannya dalam template yang telah disediakan. Secara umum artikel ilmiah yang dipublikasi pada JEP terdiri dari judul, identitas, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka. Penulis mengajukan artikel ilmiah dalam bidang yang sesuai secara online. Semua artikel yang dipublikasi pada JEP telah diproses secara online penuh dan dicek tingkat plagiatnya dengan software turnitin.

Artikel yang dipublikasi pada JEP telah diindeks oleh beberapa lembaga pengindeks. Ada tujuh lembaga pengindeks dari JEP saat ini, yaitu Google Scholar, PKP index, Indonesian One Search, Crossref, Base, Garuda, dan Directory of Research Journal Indexing. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 28/E/KPT/2019 Jurnal Eksakta Pendidikan terakreditasi Sinta 4. Lembaga pengindeks dari JEP akan ditingkatkan pada masa datang seperti DOAJ dan Scopus