Publication Ethics

Dalam pengelolaan penerbitan naskah artikel yang dipublikasi pada Jurnal Eksakta Pendidikan diperhatikan kualitas, konsistensi dan orisinil. Dengan dasar ini, semua unsur yang terlibat dalam publikasi jurnal ini harus menjaga etika publikasi. Unsur yang terlibat mencakup: pengelola jurnal, dewan redaksi, reviewer dan penulis.

  1. Etika Pengelola Jurnal
  1. Menjabarkan misi dan tujuan organisasi terutama yang berkaitan dengan penetapan kebijakan dan keputusan penerbitan jurnal tanpa adanya kepentingan tertentu.
  2. Memberikan kebebasan kepada dewan editor dan reviewer untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman dam menghargai privasi penulis.
  3. Menjamin dan melindungi hak kekayaan intelektual, mempublikasikan dan mempromosikan hasil terbitan ke masyarakat.
  4. Memahami etika publikasi ilmiah dengan baik untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan pihak lain.
  1. Etika Dewan Redaksi
  2. Menyediakan panduan penulisan naskah artikel ilmiah baik bagi penulis maupun pihak lain yang dapat diakses dengan mudah dan dibaca dengan mudah.
  3. Memastikan reviewer dan naskah artikel ilmiah serta mekanisme review dari artikel tersebut.
  4. Menerapkan sikap objektif, netral dan jujur dalam mengedit setiap naskah artikel ilmiah dari penulis.
  5. Menjaga rahasia dari setiap naskah artikel ilmiah dan penulis khususnya hal yang terkait dengan nama baik penulis dan distribusi naskah artikelnya.
  6. Menerapkan etika publikasi ilmiah dengan baik untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan penulis dan pihak lainnya.

 

  1. Etika Reviewer
  1. Menerapkan sikap jujur, objektif, netral dan independen dalam mereview naskah artikel dengan hanya berpihak kepada kebenaran ilmiah.
  2. Memahami dengan baik panduan penulis artikel ilmiah pada Jurnal Eksakta Pendidikan sehingga dapat melakukan review dengan baik.
  3. Merespon naskah artikel ilmiah yang telah dikirimkan oleh dewan redaksi dan mampu bekerja sesuai dengan alokasi waktu yang disediakan.
  4. Memastikan sumber referensi yang digunakan oleh penulis dan cara pengutipan dalam naskah artikel telah sesuai dengan acuan dan dapat dipertanggung jawabkan.
  1. Menerapkan etika publikasi ilmiah dengan baik untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan penulis dan pihak lainnya.

 

  1. Etika Penulis
  1. Memberikan informasi tentang proses dan hasil penelitiannya kepada redaksi secara jujur, jelas dan bertanggung jawab.
  2. Memastikan naskah artikel yang telah dikirimkan ke redaksi adalah naskah asli, ditulis oleh dirinya sendiri, bersumber dari ide dan gagasan sendiri.
  3. Memastikan naskah artikel yang dikirimkan ke redaksi bukan menjiplak karya tulis atau ide/gagasan orang lain.  Penulis harus menghindari plagiat dengan menjiplak atau mengambil karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri.
  4. Menginformasikan bahwa naskah artikel yang dikirimkan ke redaksi adalah naskah yang belum pernah dikirimkan ke penerbit jurnal lain.
  5. Menginformasikan ke redaksi apabila ditemukan kesalahan dalam penulisan naskah artikel baik hasil review maupun hasil editan.
  6. Menerapkan etika publikasi ilmiah dengan baik dan bertanggung jawab untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan pihak lain.