History of The Journal

Sejarah Jurnal

JEP lahir dari hasil pengembangan Jurnal Eksakta yang dimulai pada bulan Februari tahun 2000. Jurnal Eksakta berkala ilmiah bidang MIPA mempublikasi artikel-artikel ilmiah baik dalam bidang MIPA murni maupun bidang Pendidikan MIPA. Artikel dalam bidang ilmu MIPA murni dapat berasal dari Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, dan bidang ilmu yang relevan dengan MIPA. Disisi lain, artikel dalam bidang Pendidikan MIPA dapat berasal dari Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan IPA. Pada awalnya Jurnal Eksakta hanya diterbitkan dalam bentuk cetak dalam ukuran kecil dengan periode terbit dua kali dalam setahun. Jurnal Eksakta dalam versi ini terbit dua kali setahun secara konsisten dari tahun 1996 sampai 2005. Dari tahun 2006 sampai tahun 2009 Jurnal Eksakta tidak dapat diterbitkan karena masalah pengelolaan.

Pada tahun 2010 Jurnal Eksakta diterbitkan kembali dengan versi cetak dan online. Versi cetak dibuat lebih besar dengan artikel ditulis dalam dua kolom. Disisi lain, versi online Jurnal Eksakta dikembangkan dengan menggunakan OJS versi 2.0. Jurnal berkala ini merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh Pusat Kajian Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bekerjasama dengan FMIPA Universitas Negeri Padang. Eksakta merupakan suatu wadah bagi staf pengajar MIPA dan para peneliti bidang MIPA untuk meningkatkan kemampuan menulis dan mempublikasikan artikel-artikel ilmiah. Jurnal Eksakta berkala bidang MIPA ini memuat tulisan tentang MIPA dan Pendidikan MIPA baik berupa hasil penelitian, artikel ulas balik, dan laporan kasus. Penerbitan jurnal dilakukan dua kali setahun yaitu pada bulan Februari dan bulan Juli. Fokus tulisan artikel pada Jurnal Eksakta masih tetap pada cabang-cabang ilmu dari MIPA murni dan Pendidikan MIPA.   

Pada tahun 2017, Jurnal Eksakta dipecah menjadi dua jurnal, yaitu Jurnal Eksakta dan Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). Jurnal Eksakta hanya memfokuskan publikasi artikel ilmiah dalam cabang-cabang MIPA. Sementara itu, JEP hanya memfokuskan publikasi artikel ilmiah dalam cabang-cabang pendidikan MIPA seperti Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan IPA. Penerbitan pertama dari JEP dimulai pada bulan Mei tahun 2017. JEP telah menerapkan secara penuh OJS versi 3.0 dan berusaha secara konsisten mempublikasi artikel-artikel ilmiah dengan periode dua kali dalam setahun, yaitu bulan Mei dan November. Jumlah artikel pada setiap terbitan adalah 12 sampai 14 artikel dengan jumlah halaman setiap artikel sekitar delapan halaman. Penulis dari artikel ilmiah dalam bidang pendidikan MIPA berasal dari berbagai perguruan Tinggi di Indonesia seperti Universitas Negeri Padang, Universitas Jambi, Universitas Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Universitas Sriwijaya, Untirta Serang, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Universitas Suryakencana Cianjur, Universitas Negeri Malang, Universitas Papua, dan lain-lain.