Implementasi Kurikulum 2013 pada Standar Isi Buku Teks Matematika Kelas VIII
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian buku teks Kemendikbud Matematika kelas VIII edisi revisi 2017 dengan Kurikulum 2013 dilihat dari Standar Isi yang meliputi aspek cakupan materi, Kompetisi Dasar, keluasan materi, kedalaman materi, dan keakuratan materi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis konten. Objek penelitian ini adalah materi buku yang terdapat dalam buku teks Matematika SMP kelas VIII edisi revisi 2017 yang diterbitkan oleh Puskurbuk. Data dianalisis dengan menggunakan instrumen yang telah divalidasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pendefinisian unit, penentuan sampel, pencatatan, pereduksian data, penarikan kesimpulan, dan penarasian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian materi dalam buku dengan Standar Isi pada Kurikulum 2013 dilihat dari cakupan materi adalah sebesar 100%, Kesesuaian KD dalam buku dengan KD pada Kurikulum 2013 adalah sebesar 100%. Kesesuaian keluasan materi dalam buku dengan keluasan materi dalam Kurikulum 2013 adalah sebesar 98%. Tidak terdapat bahasan materi beserta contoh yang berkaitan dengan cara menentukan kuartil data ganda pada pokok bahasan Statistika. Kesesuaian kedalaman materi dalam buku dengan kedalaman materi dalam Kurikulum 2013 adalah sebesar 100%. Sedangkan keakuratan materi dalam buku adalah sebesar 88%. Terdapat beberapa ketidakakuratan materi dalam buku, seperti ketidaksesuaian contoh yang berkaitan dengan fungsi dan bukan fungsi, kesalahan operasi aljabar pada alternatif penyelesaian masalah dari contoh soal relasi dan fungsi, ketidakakuratan dalam penulisan persamaan pada alternatif jawaban pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, ketidakakuratan Pengertian lingkaran dan Statistika, dan ketidaksesuaian dalam penyajian contoh Prisma segidelapan. Hal ini kurang sesuai dengan implementasi Kurikulum 2013 yang terdapat dalam buku tersebut.
Downloads
References
Anderson, L. W. & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revison of bloom’s taxonomy of educational objectives (A Bridged Edition). New York: Addison Wisley Longman, Inc.
Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teach-ing for student learning, becoming an accomplished teacher. New York: Routledge.
Biggs, J.B. & Collis, K.F. (1982). Evaluating the quality of learning: The solo taxonomy (structure of the observed learning outcome). London: Academic Press, Inc.
Bruning, R. H., Schraw, J., & Norby, M. M. (2011). Cognitive pshychology and instruction (5Th ed.). Boston: Pear-son.
Krippendorff, K. (2004). Content analysis: An introduction to its methodology (2nd ed.). USA: Sage publications, Inc.
Macintyre, T. & Hamilton, S. (2010). Math-ematics learners and mathematics textbooks: A Question of identity? whose curriculum? Whose mathe-matics?. The Curriculum Journal, vol 21, No.1, 3-23.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 20 Tahun 2017, tentang Standar Kompetensi Kelulusan.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.(2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 22 Tahun 2016, tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan menengah
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 71, tentang Buku Teks pelajaran dan Buku Panduan Guru Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.(2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 24 Tahun 2013, tentang kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 21 Tahun 2013, tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.(2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 8 Tahun 2016, tentang Buku Yang Digunakan Oleh Satuan Pendidikan.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan .(2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 32 Tahun 2013, tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Mesa, V. & Griffiths, B. (2012). Textbook mediation of teaching: An example from tertiary mathematics instruc-tors. Education Study Mathematics, 79,85-107
NCTM. (2000). Principles and standar for school mathematics. Reston: The national council of mathematics, Inc.
Neuendorf, K. A. (2002). The content analy-sis guidebook. London: Sage publi-cations, Inc.
O’Keeffe, L. (2013). A Framework for text-book analysis. University of Bah-rain: International Review of Con-temporary learning Research, 1, 1-13.
Presiden. Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013, tentang Standar Nasional Pendidikan.
Ramda, H. R. (2016). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Kemendikbud Matematika Kelas VII dengan Kurikulum 2013. Pythagoras: Vol.12, 1: 12-22.
Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang sistem Pendidikan Nasional.
Riffe, D., Lacy, S., Fico, F.G. (2005). Ana-lyzing media messages: Using quantitative content analysis in re-search (2nd ed.). New Jersey: Law-rence Erlbaum Associates, Inc.
Santrock, J. W. (2011). Educational psy-chology (5th ed.) New York: McGraw-Hill Company, Inc.
Shield, M. & Dole, S. (2013). Assessing the potential of mathematics textbooks to promote deep learning. Educa-tion Study Mathematics. 82: 183-199.
Taylor, M. G. (2013). Replacing the ‘teach-er-proof’ curriculum with the ‘cur-riculum-proof’ teacher: Toward more effective interactions with mathematics textbooks. Curriculum Studies, Vol. 45, 3:295-321.
Weinberg, A. & Wiesner E. (2011). Under-standing mathematics textbooks through reader-oriented theory. Educ Stud Math. 76:49-63.
Woolfolk, A. (2007). Educational psycholo-gy (10th ed). Boston: Pearson edu-cation, Inc.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.