Pengaruh Field Trip Mangrove Cagar Alam Pulau Dua terhadap Sikap Ilmiah Siswa SMA
Abstract
The aims of this study was to determine the effect of field trip Mangrove Pulau Dua Nature Reserve on the scientific attitude of high school students. The research method is used quasi experiment. On the design using two classes, experimental class and control class. The population is used the students of grade X SMA Negeri A Kota Serang. Data were obtained from a scientific attitude questionnaire calculated using MSI (Methode of Successive Interval) and a questionnaire of teacher and student responses regarding the implementation of learning. The results showed that there was no significant difference of scientific attitude between the experimental class and the control class.
Downloads
References
Djamarah, S.B dan Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dan Menengah.
Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Natalina, M, Mahadi, I., dan Suzane, A. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (guided inquiry) Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung
Pitafi, A. 2012. Measurement of Scientific Attitude of Secondary School Students in Pakistan. Academic Research Interna tional.2, (2), March 2012
Riyanto, E. 2013.Sikap Ilmiah sebagai Imple mentasi Pendidikan Karakter pada Pem belajaran Sains di Sekolah Dasar. [online]. Tersedia:http//www. ikippgri madiun.ac.id. diakses 6 Januari 2014. 7:50 WIB
Saptono. 2011. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Supriadie dan Darmawan. 2012. Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Surtikanti, H.K. 2012. Pesona Lingkungan Badan Air Indonesia. Bandung: Rizqi Press.
Suyatno dan Jihat, A. 2013. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga.
Takandjandji, M. dan Kwatrina, R.T. 2011. Pengelolaan Cagar Alam Pulau Dua di Provinsi Banten sebagai Ekosistem Bernilai Penting. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam,8 (2) 1-12.
Wulandari, R. 2016. Metode Kunjungan Lapangan untuk Menanamkan Kepeduli an Terhadap Lingkungan Hidup. Jurnal Pedagogia. Volume. 5, No. 1, Februari 2016.
Yulianti, T dan Martuti, NKT. 2015. Efektivitas Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepe dulian Siswa Terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Tahun III, No.1, 2015., FMIPA Universitas Negeri Semarang.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.