Analisis Media, Sumber Belajar, dan Bahan Ajar Yang Digunakan Guru Fisika SMA Materi Gelombang Di Sumatera Barat Ditinjau Dari Kebutuhan Belajar Abad 21

  • Putri Bullquis Marsa Universitas Negeri Padang
  • Desnita Desnita Universitas Negeri Padang
Keywords: Learning Media,, Learning Resources,, Teaching Materials,, Wave, 21st Century Learning Needs

Abstract

This study aims to look at the media, learning resources, and teaching materials used by physics teachers of high school for wave material. In accordance with the learning needs of 21st century, the media used must be IT-based. To see how important the use of IT media in learning process is conducted research with descriptive analysis research type. The data of this study were obtained with interview guidelines, directly with teachers distributing questionnaires the availability of media, learning resources, and teaching materials in schools to respondents, namely teachers in seven schools, and distributing questionnaires for learning resources and teaching materials consisting on identity and indicators of aspects reviewed in learning resources and teaching materials. Based on results of data acquisition, it was found that teacher has not used much media in the learning process. In fact, for 21st century learning, IT-based learning media are needed so students can practice 4C skills (critical thinking, creativity, communication, and collaboration).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ramli. (2012). Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Februari 2012. Vol. XII No. 2, 216-231.

Ahmadi dan Supriyono. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Al-Idrus, Syayid Qosimm. Jafar, Hikmawati, dan Wahyudi. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berban-tuan Video Kartun Terhadap Hasil Bela-jar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Sikur Tahun Ajaran 2014/2015. J. Pijar MIPA, Vol. X No.1.

Apriyanti, Rika,. Desnita, dan Esmar. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Dilengkapi Dengan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Pro-siding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015.

Arsanti, Meilan. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo. Vol. 1 No. 2. ISSN 2599-316X.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Asrizal, Arnel, Hidayati, dan Festiyed. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Mengintegrasikan Laboratorium Virtual dan Hots untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Hibah Program Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS)Universitas Negeri Padang.

Asrizal, Yohandri, dan Zulhendri Kamus. (2018). Studi Hasil Pelatihan Analisis Video dan Tool Pemodelan Tracker pada Guru MGMP Fisika Kabupaten Agam. JEP | Volume 2 | Nomor 1| Mei 2018 e-ISSN 2579-860X p-ISSN 2614-1221 Doi: https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/84.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan.

Depdiknas. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia. Jakarta : Dirjen Dikdasmen.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan A. Zain. (1997). Studi Kasus (Desain dan Metode). Jakarta : PT Raja Grafindo.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assess-ment. Theory Into Practice, 32(3), pp. 179-186.

Ennis, R. H. (1996). Critical thinking disposi-tions : their nature and
assessability. Informal Logic, 18(2&3), pp. 165-182.

Festiyed. (2015). Studi Pendahuluan Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Mengintegrasikan Pendekatan Saintifik Melalui Model Inkuiri Dan Authentic Assesment Dalam Pembelajaran IPA di Kota Padang. Semirata.
Hafid, Abd. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Sulesana.Volume 6 Nomor 2.

Leonda, M. Ardian,. Desnita, dan Agus. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Materi Suhu dan Energi di SMA (Sesuai Kurikulum 2013). Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015.

Marcelina, Rezi., Masril, dan Yenni Darvina. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Video Tutorial Bilingual Untuk Pembelajaran Fisika Siswa SMA Kelas XI Semester1. Pillar Of Physics Education, Vol. 2.

Mulyadi, S.K. dan Primasari, F. (2014). Im-plementasi Perpustakaan Sekolah Se-bagai Sumber Belajar Dalam Mening-katkan Prestasi Belajar Siswa. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 1, No. 1, Juli 2014: 17-30.

Mundilarto. (2010). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta : P2IS UNY.

Program For Internasional Student Assesment (PISA) Tahun 2018 Tentang Literacy Reading Science and Mathematics.

Putri, I. Ichwani. (2018). Penguasaan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik Melalui Elemen Literasi Era Digital. Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UIR-2018.

Saputra, Novrizal., Desnita, Murtiani, dan Wahyuni. (2019). Analisis Sajian Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 2 Terkait Komponen Contextual Teaching And Learning (CTL). Pillar of Physics Education, Vol 12. No 3, 2019, 505-512.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuanti-tatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Suriyani, Indah. (2016). Pengembangan Vid-eo Pembelajaran Menggunakan Model Problem Solving Berbantu Wonder-share Pada Materi Statistika di SMP. Jurnal Semarang, Universitas PGRI.

Usmeldi. (2017). Efektivitas Penerapan Me-dia Pembelajaran Interaktif Dengan Software Autorun Untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa SMK Negeri 1 Padang. JEP. Volume 1 | Nomor 1 | Mei 2017 e-ISSN 2579-860X.

Wartono. (2003). Strategi Belajar Mengajar Fisika. Malang : JICA.

Wijaya, E. Yuni,. Dwi, dan Amat. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Se-bagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Volume 1 Tahun 2016 – ISSN 2528-259X.

Yulianisa, dkk. (2018). Tinjauan Keterampi-lan Abad 21 (21st Century Skills) dikalangan Guru Kejuruan (Studi Kasus : SMK Negeri 2 Solok). CIVED JURU-SAN TEKNIK SIPIL, Vol. XX No. X, September 2018. ISSN 2302-334.

Yunita, Dwi, dan Astuti Wijayanti. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Jurnal LP3M - Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta, Vol.3, No.2.

Zubaidah, Siti. (2018). Keterampilan Abad Ke-21 : Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang-Kalimantan Barat.

Zulherman, Desnita, dan Erfan H. (2014). Studi Tentang Kebutuhan Bahan Ajar Fisika SMA Sebagai Penunjang Kuriku-lum 2013. Prosiding Seminar Nasional Fisika.
Published
2020-05-27
How to Cite
Marsa, P., & Desnita, D. (2020). Analisis Media, Sumber Belajar, dan Bahan Ajar Yang Digunakan Guru Fisika SMA Materi Gelombang Di Sumatera Barat Ditinjau Dari Kebutuhan Belajar Abad 21. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 4(1), 81-88. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/422

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.